RSS

Inovasi Pendidikan di SD Tunas Unggul

10 Jan

Di SD Tunas Unggul terdapat inovasi dalam hal kurikulum, yaitu tentu saja semua program pembelajaran diberikan dalam bentuk Program Pembelajaran Individual, yang didasarkan pada hasil asesmen dan observasi terhadap setiap siswa pada saat mereka menjadi siswa baru. Khusus pada anak yang memiliki hambatan belajar spesifik, pemberian materi akademik haruslah diawali dengan pemberian terapi okupasi terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi organ yang berpengaruh terhadap pembelajaran, agar pencapaian akademik dan perkembangan pun bisa optimal.

Inovasi lain dalam hal kurikulum di SD Tunas Unggul ini adalah jika pada SD lain pembelajaran tematik diberikan hanya pada siswa kelas 1 hingga rata-rata kelas 3, di SD Tunas Unggul ini pembelajaran tematik diberikan hingga siswa kelas 6. Hal ini bertujuan agar tercapainya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan prinsip sekolah yang ingin mewujudkan pembelajaran interaktif di lingkungan sekolahnya.

Sekolah ini menyediakan pendidikan bagi ABK ( anak berkesulitan belajar ) dengan cara memberikan terapi okupasi terlebih dahulu sebagai penguatan pisiologis dan sensorisnya agar anak mengembangkan kemampuan akademik secara optimal.

Inovasi lainnya yang kami temukan di sekolah ini, ialah saat proses ujian berlangsung. Jika di sekolah lain ujian dilaksanakan di ruangan dengan pengawasan yang ketat, anak duduk dikursi masing-masing dapat menimbulkan ketegangan pada anak. Sekolah ini, ujian dikemas sedemikian rupa sehingga tampak seperti games / permainan. Karena, sekolah ini memegang prinsip Global Interactive, dimana anak-anak melaksanakan ujian dengan senang hati dan aktif.

Yang uniknya lagi, sekolah ini juga tidak memiliki kantin. Karena sekolah ini telah menyediakan makanan siang yang sehat bagi siswa-siswinya. Dimana setiap kelas mempunyai jadwal masing-masing untuk mengantri mengambil makanan, sehingga kondisi makan siang juga tetap tertib.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 10, 2012 in KAJIAN LAPANGAN

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: