RSS

Kurikulum dan Metode Pembelajaran

25 Des

Sekolah Interaktif Tunas Unggul menggunakan kurikulum nasional yang dipadukan dengan kurikulum dari luar sehingga menjadi “Kurikulum Khas Tunas Unggul”. Kurikulum ini diupayakan untuk secara utuh dapat membangun sikap anak terhadap pengetahuan melalui penekanan learning how to learn daripada asupan pengetahuan yang bersifat hafalan.

Pihak sekolah yakin bahwa setiap siswa memiliki potensi kecerdasan yang beragam dan luar biasa. Oleh karena itu kurikulum khas Tunas Unggul tidak hanya bertumpu pada kebutuhan akademik anak tetapi juga kebutuhan spiritual, sosial, psikis dan emosionalnya.

Kurikulum ini dimodifikasi untuk dapat mengenal kekuatan, bakat,minat dan kebutuhan masing-masing anak dengan proses pembelajaran yang interaktif, anak distimulus untuk terlibat secara aktif (active learning) melalui eksplorasi dan interaksi dengan guru, teman dan lingkungan sekolah.

Model pembelajaran yang diterapkan di Tunas Unggul adalah metode inquiry. Proses inquiry ini terstruktur dan menjadi media utama pembelajaran. Kerangka eksplorasi pengetahuan dijabarkan kedalam tema-tema transdisipliner (Contextual Teaching-Learning). Tema-tema tersebut memandu guru dan siswa dalam perjalanan eksplorasi dan pembelajaran. Siswalah yang mengeksplorasi dan mengkonstruksi pengetahuannya (Student Centred Learning).

Dalam proses eksplorasi ini siswa diajak untuk mengetahui dan memperdalam konsep-konsep dasar materi (Concept), mengembangkan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan (Knowledge & Skills), menghayati dan mendemonstrasikan sikap positif (Attitude), melakukan refleksi dari setiap apa yang mereka pelajari yang dihubungkan dengan konteks realita (Reflection) dan belajar mengambil tindakan nyata yang memberikan kontribusi bagi lingkungan sekolah dan komunitas mereka (Action).

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 25, 2011 in KAJIAN LAPANGAN

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: