RSS

KONSEP DASAR INOVASI PENDIDIKAN

23 Des

Pengertian Inovasi
Inovasi berasal dari kata latin, innovation yang berarti pembaruan dan perubahan. Kata kerjanya inovo yang artinya memperbaharui dan mengubah. Inovasi adalah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan; yang lain atau berbeda dari yang ada sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana (tidak secara kebetulan).
Inovasi (innovation) ialah suatu ide barang, kejadian, metode yang di rasakan atau di amati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) industri yang sudah modern di antara tanda – tanda masyarakat baik itu berupa hasil invensi maupun discoveri. Inovasi di adakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan masalah tertentu.
Inovasi menekankan pada ciri adaya sesuatu yang di amati sebagai sesuatu yang baru pada individu atau masyarakat ,sedangkan moderelisasi menekankan pada adanya proses perubahan dari tradisional ke moderen atau yang dari yang belum maju ke yang sudah maju.
Pengertian Inovasi Pendidikan
Ada beberapa pendapat mengenai inovasi pendidikan :
1. Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa inovasi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode, yang dirasakan atau diamati berbagai hal yang baru bagi hasil seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil inverse (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah pendidikan.
2. Demikian pula Ansyar, Nurtain (1991) mengemukakan inovasi adalah gagasan, perbuatan atau sesuatu yang baru dalam konteks social tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.
Inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru, dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya), serta sengaja diciptakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Dari definisi tersebut dapat dijabarkan beberapa istilah yang menjadi kunci penelitian inovasi pendidikan, sebagai berikut.
1. “Baru” dalam inovasi dapat diartikan apa saja yang belum dipahami, diterima atau dilaksanakan oleh penerina inovasi, meskipun mungkin bukan hal baru lagi bagi oranag lain. Akan tetapi, yang lebih penting dari sifatnya yang baru ialah sifat kualitatif berbeda dari sebelummya.
2. “Kualitatif” berarti inovasi itu memungkinkan adanya re-organisasi atau pengaturan kembali unsure-unsur dalam pendidikan. Jadi, bukan semata-mata menjumlahkan atau penambahan unsure-unsur setiap komponen.
3. “Hal” yang dimaksud dengan definisi tadi banyak sekali, meliputi semua komponen dan aspek dalam subsistem pendidikan. Hal-hal yang diperbaharui pada hakikatnya adalah idea tau rangkaian ide. Sementara inovasi karena sifatnya, tetap vercorak mental, sedangkan yang lain memperoleh bentuk nyata, termasuk hal yang diperbaharui ialah buah pikiran, metode, dan teknik bekerja, mengatur, mendidik, perbuatan, peraturan norma, barang, dan alat.
4. “Kesenjangan” merupakan unsur pengembangan baru dalam pemikiran para pendidik dewasa ini. Bembatasan arti secara fungsional ini lebih banyak mengutarakan harapan kalangan pendidik agar kita kembali pada pembelajaran (learning), dan pembelajaran (teaching), dan menghindarkan diri dari pembaharuan perkakas (gadgeteering).
5. “Meningkatkan kemampuan” mengandung arti bahwa tujuan utama inovasi ialah kemampuan sumber-sumber tenaga, uang, dan sasaran, termasuk struktur dan prosedur organisasi.
6. “Tujuan” yang direncanakan hrus dirinci dengan jelas tentang sasarandan hasil-hasil yang ingin dicapai, yang sedapat mungkin dapat diukur untuk mengetahui perbedaan antara keadaan sesudah dan sebelum inovasi dilaksanakan, sedangkan tujuan inovasi itu sendiri adalah efesiensi dan efektifitas, mengenai sasaran jumlah anak didik sebanyak-banyaknya dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya.
Dari uraian tersebut dapat dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan inovasi dibidang pendidikan adalah usaha mengadakan perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik dalam bidang pendidikan.
Ruang Lingkup Inovasi Pendidikan
1) Bidang peserta didik, pengelompokan dalam proses pembelajaran dengan segala gambaran karakteristiknya
2) Bidang tujuan pendidikan, menyangkut kapasitas pribadi, sosial, ekonomis, tingkat dan jenis pengajaran, cara dan sarana untuk merumuskan tujuan
3) Isi pelajaran, menurut jenisnya, efek/dampak, kapasitas anak didik, bidang dan struktur ilmu pengetahuan, manfaat, kemampuan mental, dan derjat spesialisasi
4) Media pembelajaran,
5) Fasilitas pendidikan, perabot/perlengkapan yang mendukung pelaksanaan pendidikan
6) Metode dan tekhnik komunikasi, interaksi langsung dan tak langsung
7) Hasil pendidikan
Tujuan inovasi pendidikan
Menurut santoso (1974) tujuan utama inovasi, yakni meningkatkan sumber-sumber tenaga, uang dan sarana termasuk struktur dan prosedur organisasi. Tujuan inovasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya dengan hasil pendidikan sebesar-besarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat dan pembangunan) dengan menggunakan sumber, tenaga, uang, alat dan waktu dalam jumlah yang sekecil-kecilnya.
Contoh Inovasi Pendidikan
Berikut ini contoh inovasi pendidikan dalam setiap komponen pendidikan atau komponen sistem sosial sesuai dengan pola yang di kemukakan oleh B.miles ,dengan perubahan isi sesuai dengan perkembangan pendidikan dewasa ini:
 Pembiayaan personalia, yaitu menambah suntikan pembiayaan personalia sehingga lebih efektif.
 Banyaknya personal dan wilayah kerja, yaitu menambah personal dan wilayah kerja dalam rangka mensukseskan diberlakukannya inovasi tersebut
 Fasilitas fisik, yaitu menambah fasilitas fisik yang mendukung berlangsungnya inovasi.
 Penggunaan waktu, yaitu menambah efisiensi waktu.
 Perumusan tujuan, yaitu mengubah struktur tujuan untuk lebih terperinci dan lebih mendalam.
 Prosedur, yaitu Membuat proseduran yang lebih terperinci.
 Peran yang di perlukan, yaitu menambah beberapa peran yang diperlukan.
 Wawasan dan perasaaan, yaitu menambah wawasan dengan tidak mengabaikan perasaan.
 Bentuk hubungan antar (mekanisme kerja), yaitu membangun hubungan yang lebih baik sehingga mekanisme kerja berjalan dengan lancar.
 Hubungan dengan sistem lainya, yaitu memperhitungkan hubungan dengan sistem lainnya sehingga tidak mempengaruhi komponen – komponen yang ada.
 Strategi, yaitu Mengatur strategi yang matang dengan langkah – langkah sebagai berikut:
- Desain: membuat desain yang lebih baik.
- Kesadaran dan perhatian: memperhatikan aspek kesadaran dan perhatian.
- Evaluasi: Mengevaluasi secara rutin inovasi yang ada sehingga kelemahan yang ada dapat segera diantisipasi.

Sumber:

http://adikasimbar.wordpress.com/2010/06/09/diktat-inovasi-pendidikan/

http://indraprasetya17.wordpress.com/2011/02/11/konsep-dasar-inovasi-pendidikan/

 
Tinggalkan komentar

Posted by pada Desember 23, 2011 in MATERI INOVASI PENDIDIKAN

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: